Domain Gratis Yang Beresiko

FREE. Gratis. Gratisan. Mungkin adalah sebuah keywords yang sering digunakan para pengguna Internet untuk mencari sesuatu yang bisa didapatkan tanpa mengeluarkan sejumlah uang.
Salah satu gratisan yang sering dicari para blogger selain webhosting gratis adalah domain gratis. Ya! Jika kita menggunakan Blogspot.com atau Blogger.com misalnya, tentu akan sangat menyenangkan memiliki sebuah alamat blog yang BEDA dengan alamat standard yang diberikan oleh layanan dari Google ini.
Kita mengenal banyak layanan yang memberikan alamat domain gratis – semisal CO.NR, CO.TV, CO.CC dan lainnya – yang memungkinkan kita untuk bisa memiliki alamat blog yang lebih unik atau berbeda. Akan tetapi sepertinya masa masa suram mulai membayangi penggunaan domain gratis ini.
Kita telah sama sama mengetahui layanan domain CO.CC, setelah dianggap sebagai layanan yang bersifat menganggu atau abusive oleh Facebook, layanan ini akhirnya juga ‘dimusuhi’ oleh Google – salah satu mesin pencari Informasi yang paling banyak digunakan pengguna Internet dunia. Ini artinya seluruh website atau blog yang menggunakan layanan dari CO.CC dihapus dari index mesin pencari Google atau sama dengan Google tidak akan menampilkan lagi tautan informasi yang mengarah ke layanan domain gratis tersebut
Bagi mereka yang telah membangun ‘reputasi’ eksistensinya di Internet melalui sebuah website atau blog yang menggunakan layanan CO.CC tentu hal ini sangat tidak menyenangkan, ini artinya tidak akan ada lagi pengunjung yang datang dari hasil pencarian melalui mesin pencari Internet.
Mengapa hal ini bisa terjadi? Sederhana. Sesuatu yang gratis di Internet memang menarik perhatian banyak orang untuk menggunakannya. Dengan berbagai macam agenda mereka berbondong bondong datang untuk menggunakan layanan tersebut, ada yang memang bertujuan dan berniat baik tapi banyak juga yang datang untuk tujuan dan niat yang tidak baik. Dalam kasus CO.CC, layanan domain gratis ini ternyata banyak digunakan untuk melakukan spamming, menggunakan layanan ini untuk me-redirect Referral Link atau alamat URL situs situs yang bernuansa SCAM, Ponzi Scheme dan lain lain. Dan berita buruknya saudara saudara, layanan domain gratis selain CO.CC juga memiliki potensi resiko untuk dicoret dari index mesin pencari.
Bagaimana cara agar kita tahu bahwa layanan domain gratis tersebut telah dihapus atau tidak di index oleh mesin pencari internet? cara gampangnya adalah dengan memasukkan contoh keywords dengan format sebagai berikut di input field …
site:co.cc
site:co.tv
site:co.nr
Jika hasil pencariannya NIHIL maka bisa dipastikan bahwa layanan tersebut memang tidak disukai oleh sang Google, dan jika anda menggunakan layanan domain gratis tersebut maka website atau blog anda tidak akan pernah tampil dalam hasil pencarian – tidak peduli betapa bagus atau selalu update dengan informasi terbaru :P
Salah satu denyut nadi kehidupan sebuah blog adalah adanya pengunjung yang datang untuk mendapatkan informasi yang telah dipublikasikan oleh sang blogger. Adanya pengunjung yang datang karena tertarik dengan informasi yang ditawarkan merupakan salah satu keberhasilan dari sang blogger dalam aktifitas bloggingnya. Pengunjung memang bisa datang dari mana saja, bisa dari tautan yang terpasang di blog milik orang lain, berita dari mulut ke mulut dan lain lain – akan tetapi pengunjung yang datang dari mesin pencari informasi seperti Google tentu memiliki nilai lebih, ini artinya blog yang sedang dikelola telah memiliki nilai yang dianggap baik sehingga layak untuk terdaftar atau terindex dalam mesin pencari.
Jadi, menurut saya memilih layanan penyedia nama domain untuk blog yang sedang dikelola itu SANGAT PENTING! Jika memang tidak cukup dana untuk mendapatkan nama domain komersial (.COM .NET .ORG) kita bisa menggunakan layanan domain komersial milik bangsa sendiri di PANDI.OR.ID – yang cukup murah menurut saya, domain WEB.ID hanya IDR 50.000 untuk 2 tahun.
Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar